Cara Kirim Uang ke Bank Luar Negeri


Buat agan-agan yang mungkin ada saudaranya yang lagi kuliah atau kerja di luar negeri, pasti bakal sering berhubungan sama yang namanya bank. Terutama yang namanya kirim kirim atau terima uang asing seperti dolar. Nah, yang masih penasaran gimana caranya kirim uang dolar ke luar negeri, gampang kok. Kirim uang asing via bank biasanya dikenal dengan istilah wire transfer atau wire international.

Pertama pilih dulu jenis bank yang mau dijadikan perantara transfer, terserah bank umum yang mana aja. Biasanya banyak yang memakai jasa Bank BCA karena melayani transaksi-transaksi bisnis dan pelayanannya lumayan baik. Lantas, sediain uang yang ingin ditransfer, misalnya 100 dolar atau 1000 dolar atau terserah sama agan sendiri. Tapi BCA melayani transfer minimal 100 dolar. Kalau agan cuma punya uang dalam rupiah, nga usah khawatir karena nantinya bakal dikonversi dalam dolar atau mata uang asing lainnya yang agan butuhkan sesuai dengan kurs yang berlaku pada hari itu.

Kalau uangnya udah tersedia, langsung datang ke bank, isi data pada  form / slip transfer yang tersedia untuk kiriman ke luar negeri. Yang terpenting, nama dan nomor rekening penerima harus benar dan cantumkan  swift code bank penerima di form tersebut. Kalau sudah selesai, nantinya teller akan menghitung total uang yang hendak agan kirim beserta biayanya.

Kalau di bank BCA, agan akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 50.000,- Tapi kalau agan ingin jumlah dana yang diterima oleh bank penerima tidak berkurang atau tidak terkena potongan saat diterima, agan harus menambahkan biaya lagi yang namanya biaya full amount sebesar 25 dolar. Lantas bila ingin dana kita cepat sampai, cukup menambahkan biaya value today sebesar Rp 35.000.
walaupun namanya value today, bukan berarti kirim detik ini, bakal masuk detik ini juga, tapi minimal dalam 24 jam dana kita udah diproses dan diterima disana. Kalau tanpa value today, kita tidak akan mendapat kepastian kapan dana diterima, karena biasanya antara tiga sampai lima hari kedepan, tergantung lintas banknya.

Kalau semua sudah selesai, agan tinggal ambil bukti transfer dan tunggu aja dana diterima oleh saudara atau teman agan yang di luar negeri itu.

Selain bank BCA, ada juga bank umum lain yang cepat proses transfernya yaitu bank BNI. Bedanya kalau bank BNI kena biaya administrasi sebesar Rp 20.000 dan kalau agan mau full amount, tinggal tambahin 20 dolar saja. Abis tuh agan bisa duduk manis menunggu kabar besoknya dana udah diterima atau belum oleh saudara agan itu. Biasanya kiriman via BNI memakan waktu antara satu sampai dua hari, tergantung jam kerja sewaktu agan melakukan transfer dan negara bank penerima juga sih..

Selamat mencoba ya..




Share this post :

Post a Comment

Followers

Test Sidebar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Isni Aceh Info - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger